Heboh Penemuan Fosil Gigi Megalodon 10.000 Kaki di Bawah Laut

Heboh Penemuan Fosil Gigi Megalodon 10.000 Kaki di Bawah Laut

Temuan langka ini, berkilau emas, mendekati Atol Johnston, Pasifik Selatan, membuka pandangan baru tentang ekologi laut.

1. Penemuan Fosil di Wilayah Laut Dalam yang Terpencil <br>

1. Penemuan Fosil di Wilayah Laut Dalam yang Terpencil 

“Fosil ini ditemukan di wilayah laut dalam yang sangat terpencil sehingga fosil megalodon jarang terdokumentasi,” kata Nicolas Straube, profesor di Museum Universitas Bergen.

2. Megalodon Dinyatakan Punah Sejak 3,6 Juta Tahun yang Lalu<br>

2. Megalodon Dinyatakan Punah Sejak 3,6 Juta Tahun yang Lalu

Megalodon (Otodus megalodon) pernah menjadi raja lautan sebagai hiu terbesar yang pernah hidup, dengan panjang mencapai setidaknya 49 kaki (15 m) dan berpotensi mencapai panjang 65 kaki (20 m).

3. Ekspedisi Atol Johnston<br>

3. Ekspedisi Atol Johnston

Mereka menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) bernama Hercules, yang dilengkapi dengan kemampuan pengambilan sampel dan perekaman video untuk eksplorasi di kedalaman laut yang sulit dijangkau. 

4. Pengetahuan Baru Mengenai Distribusi Megalodon<br>

4. Pengetahuan Baru Mengenai Distribusi Megalodon

Ketika para peneliti meninjau rekaman video yang diambil oleh ROV Hercules, mereka menemukan detail menarik terkait penemuan gigi megalodon.

“Sampel tersebut menunjukkan bahwa megalodon bukan hanya spesies pesisir dan spesies ini bermigrasi melintasi cekungan lautan mirip dengan banyak spesies modern seperti hiu putih besar."

Megalodon ditemukan di mana?

Megalodon tersebar di berbagai belahan dunia; fosil-fosilnya telah ditemukan di Eropa, Afrika, Amerika, dan Australia. Hewan ini paling sering muncul di wilayah subtropis hingga wilayah dengan iklim sedang.

Kapan megalodon ditemukan?

Live Science mencatat hewan dengan nama ilmiah Otodus Megalodon itu pernah hidup di lautan pada 20 juta hingga 3,6 juta tahun lalu. Megalodon memiliki panjang hingga 18 meter dan memiliki ukuran gigi tiga kali lebih besar dari hiu putih raksasa.

Apakah megalodon pernah ada di Indonesia?

Penemuan fosil gigi Megalodon di Sukabumi ini menjadi bukti bahwa hiu raksasa tersebut pernah hidup di wilayah Indonesia.

Apakah megalodon masih ada di dunia ini?

Desas desus keberadaan Megalodon disebarkan oleh sejumlah video di TikTok maupun YouTube. Namun, seorang mahasiswa doktoral Universitas Swansea, Jack Cooper memastikan hewan tersebut sudah punah.

Megalodon mati karena apa?

Di mana populasi jenis-jenis makanan yang menjadi sumber makanan megalodon, seperti mamalia laut, mungkin menjadi langka, yang menyebabkan kematian megalodon.

Artikel ini ditulis oleh

Editor

Heboh Penemuan Fosil Gigi Megalodon 10.000 Kaki di Bawah Laut

Reporter