Jin Qorin Menurut Islam, Apa Pengertian dan Gunanya?

Jin Qorin Menurut Islam, Apa Pengertian dan Gunanya?

Jin qorin, makhluk gaib yang diberikan tugas oleh Allah Swt. untuk mendampingi kehidupan manusia, memegang peran penting dalam mempengaruhi manusia. Yuk Simak! 

Menurut Balai Diklat Keagamaan Kementerian Agama Banjarmasin, kata ‘jin’ berasal dari  ‘janna’ artinya ‘tersembunyi atau tidak terlihat.’

Jin diciptakan oleh Allah Swt. dari api, sementara setan dianggap sebaga dari makhluk yang jahat, tidak taat, dan memberontak terhadap kehendak Allah.

Hal ini juga sama seperti dalam penjelasan Quraish Shihab, yang diungkapkan dalam bukunya berjudul ‘Jin dalam Al-Qur’an’ (2010) 

Seiring dengan keyakinan bahwa manusia tidak dapat melihat jin secara langsung kecuali jika diberikan karomah atau keistimewaan oleh Allah, pemahaman tentang jin qorin menjadi relevan.

Dalil Tentang Jin Qorin dalam Al-Quran

Pengertian tersebut merujuk pada firman Allah Swt. dalam surat Al-Baqarah ayat 268 yang berbunyi:

'Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kemiskinan kepadamu dan menyuruh kamu berbuat keji (kikir), sedangkan Allah menjanjikan ampunan dan karunia-Nya kepadamu. Dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.' 

Sementara bagi manusia biasa, menaklukkan jin bukanlah hal yang mudah dilakukan. Hanya dengan keimanan yang kuat, seseorang dapat melemahkan kekuatan jin dalam dirinya.

Salah satu cara yang dianjurkan untuk memperkuat iman dan melawan pengaruh jin adalah dengan rutin melakukan dzikir dan berdoa.

Dengan menjalankan amalan-amalan keagamaan ini, manusia dapat membangun perlindungan spiritual dan menjaga dirinya dari potensi godaan atau pengaruh negatif yang mungkin berasal dari jin.

Apa Jin dan Iblis itu sama?

Dalam perspektif Al-Qur'an, terdapat perbedaan antara Jin dan Iblis.  Namun, perbedaan esensial terletak pada asal-usul mereka. Iblis, meskipun termasuk dalam golongan jin, memiliki ciri khusus sebagai makhluk yang diciptakan dari api. 

Kemana Jin Qorin setelah manusia meninggal?

Berbeda dengan jin lainnya, jin qorin tidak dapat diusir, dibunuh, atau dimusnahkan melalui bacaan ruqyah atau suara adzan.
Meskipun tidak ada penjelasan eksplisit dalam Al-Qur'an tentang tujuan atau keberlanjutan jin qorin setelah manusia meninggal,  umumnya bahwa jin qorin akan mempertanggungjawabkan perannya.

Seperti apa wujud jin qorin?

Beberapa pendapat menyatakan bahwa Jin Qorin merupakan kembaran gaib dari diri manusia, sebuah entitas yang bersifat tak terlihat namun memiliki kemiripan dengan manusia yang diiringinya.

Seperti apa wujud jin qorin?

Artikel ini ditulis oleh

Editor

Jin qorin, makhluk gaib yang diberikan tugas oleh Allah Swt. untuk mendampingi kehidupan manusia, dalam mempengaruhi manusia.

Reporter