12 Buah Penurun Darah Tinggi Paling Cepat dan Ampuh, Sudah Coba?

12 Buah Penurun Darah Tinggi Paling Cepat dan Ampuh, Sudah Coba?

Buah-buahan ini dapat dikonsumsi untuk menurunkan penyakit darah tinggi.

Saat terkena penyakit hipertensi atau darah tinggi, Anda disarankan untuk konsumsi minimal 5 porsi buah dan sayuran setiap harinya.

Jadi, apa saja jenis buah yang perlu dikonsumsi oleh orang dengan tekanan darah tinggi? Berikut adalah daftar lengkapnya.

1. Kiwi

1. Kiwi

Dalam satu buah kiwi, terdapat 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium. Ternyata, ketiga mineral tersebut dapat membantu turunkan tekanan darah tinggi Anda.

2. Pisang

Buah pisang ukuran sedang mengandung 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium yang diperlukan harian Anda. Selain turunkan tekanan darah, dapat juga membantu mengurangi kadar hormon stres dalam darah.

2. Pisang

3. Alpukat

Alpukat efektif turunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Satu setengah buah alpukat dapat memberikan 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium sesuai kebutuhan Anda.

3. Alpukat
4. Buah Beri

4. Buah Beri

Buah beri, khususnya blueberry, memiliki senyawa flavonoid, untuk mencegah dan membantu turunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

5. Buah Bit

5. Buah Bit

Hasil penelitian dari Queen Mary University of London yang dilansir oleh Medical News Today menyatakan bahwa buah bit memiliki khasiat menurunkan tekanan darah.

6. Delima

Buah ini mengandung kalium dan polifenol. Penelitian dari Plant Foods for Human Nutrition menyatakan bahwa konsumsi jus delima lebih dari 1 gelas setiap hari selama 4 minggu berkaitan dengan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik.

6. Delima

7. Tomat

Dilansir dari Healthline, tomat mengandung lycopene, sejenis karotenoid yang dapat mengurangi angka tekanan sistolik pada individu yang mengalami hipertensi.

7. Tomat
8. Jeruk

8. Jeruk

Studi oleh Cleveland Clinic tunjukkan bahwa 25 peserta berpenyakit jantung, setelah minum minuman berperisa jeruk bervitamin C, mengalami penurunan tekanan darah.

9. Semangka

9. Semangka

Berdasarkan beberapa penelitian, senyawa L-citrulline dan L-arginine yang terdapat dalam semangka dapat berkontribusi pada penurunan tekanan darah.

10. Nanas

Buah nanas yang memiliki rasa asam kaya akan kalium, mineral penting bagi penderita hipertensi, serta membantu mengatasi masalah jantung dan aterosklerosis.

10. Nanas
11. Pir

11. Pir

Pir, kaya akan kalium dan antioksidan, mengandung sekitar 190 mg kalium. Buah ini pun tanpa sodium dan lemak, mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

12. Melon

Buah melon, dengan 12% kebutuhan harian kalium, rendah sodium, efektif sebagai penurun tekanan darah tinggi yang baik.

12. Melon

12. Melon

Artikel ini ditulis oleh
Yoga Tri Priyanto

Editor Yoga Tri Priyanto

Buah-buahan ini dapat dikonsumsi untuk menurunkan penyakit darah tinggi.

Reporter