Ilmuwan Temukan Fosil Dinosaurus Terbesar di Bumi, Tingginya 24 meter

Ilmuwan Temukan Fosil Dinosaurus Terbesar di Bumi, Tingginya 24 meter

Ahli paleontologi baru-baru ini menemukan fosil dari makhluk-makhluk besar yang tingginya mencapai 24 meter. Diidentifikasi sebagai spesies baru yang diberi nama Garumbatitan morellensis.

Bagaimana kisah selanjutnya? Berikut ringkasan mengenai dinosaurus terbesar yang ada di bumi!

Garumbatitan Morellensis adalah anggota subkelompok sauropoda yang disebut Somphospondyli, yang berkeliaran jauh dan luas sepanjang periode Kapur.

Dinosaurus pemakan tumbuhan yang memiliki kaki empat, leher panjang, dan ekor yang melintang. Keberadaan mereka dapat ditelusuri kembali sekitar 122 juta tahun yang lalu di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Spanyol.

G. morellensis termasuk dalam kelompok "primitif", para ilmuwan mengatakan bahwa somphospondylan mungkin berasal dari Eropa, kemudian menyebar ke Asia, Amerika Utara, dan Afrika, demikian seperti yang dikemukakan oleh Harry Baker dari Live Science.

Selama penelitian di situs fosil Sant Antoni de la Vespa antara tahun 2005 dan 2008, para peneliti menemukan tulang belakang, tulang kaki, dan tulang kaki yang mereka yakini milik setidaknya tiga individu G. morellensis yang terpisah. Kumpulan sisa-sisa ini diperkirakan berasal dari periode Kapur Awal, berkisar antara 145 hingga 100,5 juta tahun yang lalu.

Dinamakan sesuai dengan dimensi yang luar biasa besarnya dan lokasi geografisnya, Garumbatitan memiliki arti sebagai "raksasa Garumba." 

Nama ini terinspirasi dari Muela de la Garumba, puncak gunung di wilayah Els Ports Spanyol yang berdekatan dengan lokasi penemuan fosil. Sementara itu, istilah "Morellensis" merujuk pada kota terdekat, yakni Morella.

Menurut para peneliti, dinosaurus ini kemungkinan memiliki panjang lebih dari 24 meter dan tinggi lebih dari 9 meter ketika masih hidup.

Dengan ukuran sebesar itu, dinosaurus ini kemungkinan menjadi salah satu yang terbesar yang pernah ada di Bumi. Para ilmuwan bahkan berspekulasi bahwa dinosaurus ini mungkin memiliki kemampuan untuk mengonsumsi sekitar 30-40 kilogram tumbuhan setiap hari.

Artikel ini ditulis oleh
Yoga Tri Priyanto

Editor Yoga Tri Priyanto

Berikut ringkasan mengenai dinosaurus terbesar yang ada di bumi!

Reporter