Fakta Unik Deretan Perbukitan Turgo-Plawangan, Usianya Jauh Lebih Tua dari Gunung Merapi

Fakta Unik Deretan Perbukitan Turgo-Plawangan, Usianya Jauh Lebih Tua dari Gunung Merapi

Kini kawasan itu menjadi Geopark yang dikembangkan menjadi tempat wisata

Di sebelah selatan Gunung Merapi, terdapat dua bukit yang selama ini dikenal dengan nama Bukit Turgo dan Bukit Plawangan. Kedua bukit ini seolah menjadi pagar yang melindungi kaki Gunung Merapi. Tapi siapa sangka, keberadaan kedua bukit ini jauh mendahului Merapi hingga puluhan ribu tahun lamanya.

Dikutip dari Jogjaprov.go.id, Bukit Turgo dan Plawangan masuk ke dalam Endapan Merapi Tua yang berumur Kuartel Awal. Lokasinya berada di paling selatan dari pada lokasi lain yang bisa dijangkau.

Kawasan itupun kemudian menjadi kompleks batuan tua. Keberadaan mereka menjadi bukti berawalnya pembentukan Gunung Merapi. Komposisi lava penyusun basal pada kedua bukit tersebut adalah buktinya.

Seperti diketahui, lava Bukit Turgo memiliki umur 138,3 ribu tahun dan lava Bukit Plawangan berumur 135,3 tahun. Bukti lain adalah morfologi Bukit Turgo-Plawangan yang merupakan sisa kerucut vulkanik dari Proto Merapi yang paling tua.

Urutan Pembentukan Bukit di Sekitar Merapi

Gunung Merapi merupakan gunung api yang usianya masih sangat muda.

Sebelum ada Gunung Merapi, di kawasan itu terlebih dahulu terbentuk Gunung Bibi (2025 mdpl) yang sekarang berada di lereng timur laut Merapi. Umur Gunung Bibi mencapai 400.000 tahun.

Selanjutnya terbentuklah perbukitan Turgo dan Plawangan. Pengujiuan menunjukkan kalau kedua bukit ini berumur sekitar maksimal 60.000 tahun. Kedua bukit itu mendominasi morfologi lereng selatan Merapi.

Sedangkan bagian puncak Gunung Merapi yang berada di atas kawasan Pasar Bubrah baru terbentuk sekitar 2.000 tahun yang lalu. Seiring waktu tubuh Gunung Merapi semakin tinggi hingga kini. Lokasi kawah aktif Merapi saat ini merupakan bagian yang paling muda dari Gunung Merapi.

Walaupun termasuk dalam kawasan rawan bencana letusan Gunung Merapi, perbukitan Turgo-Plawangan kini dimanfaatkan sebagai objek wisata. Di sana pengunjung dapat melakukan jelajah hutan Merapi, menyusuri Kali Boyong, dan mengikuti keseharian warga desa yaitu bertani teh dan kopi. 

Foto: IG Merapi Uncover

Di Bukit Turgo pula terdapat makam Kyai Turgo, yang nama aslinya kemungkinan adalah Syekh Jumadil Qubro. Makamnya terletak 1.000 meter dari puncak Bukit Turgo. Syekh Jumadil Qubro diyakini sebagai generasi keenam Nabi Muhammad SAW dari Husein.

Artikel ini ditulis oleh
Shani Ramadhan Rasyid

Editor Shani Ramadhan Rasyid

This is notes

Topik Terkait

Reporter