Mengenal Beragam Fitofarmaka atau Obat Tradisional dan Khasiatnya

Mengenal Beragam Fitofarmaka atau Obat Tradisional dan Khasiatnya

Dream - Fitofarmaka atau lebih lazim dikenal sebagai obat tradisional adalah bentuk pengobatan yang telah lama digunakan dalam berbagai budaya di seluruh dunia.

Di Indonesia, fitofarmaka memiliki tempat khusus dalam sistem pengobatan tradisional dan telah diakui karena khasiat dan keamanannya lewat serangkaian uji klinis.

Penggolongan Obat Bahan Alam

  • Jamu:
    Jamu adalah jenis obat tradisional Indonesia yang memiliki dasar pengetahuan dari warisan budaya. Jamu seringkali terdiri dari campuran tumbuhan herbal dan rempah-rempah yang digunakan untuk tujuan kesehatan. 
  • Fitofarmaka:
    Fitofarmaka adalah obat tradisional yang telah melalui uji ilmiah ketat. Fitofarmaka memiliki keamanan dan khasiat yang telah terbukti melalui uji praklinik dan uji klinis. Bahan baku yang digunakan dalam fitofarmaka juga telah distandarisasi untuk memastikan kualitas dan konsistensi.
  • Obat Herbal Terstandar (OHT):
    Obat tradisional yang leamanan dan khasiat dibuktikan secara ilmiah melalui uji praklinik. Bahan baku telah distandarisasi.

               
Formularium Fitofarmaka

Formularium Fitofarmaka

Formularium Fitofarmaka adalah panduan untuk memilih fitofarmaka yang tepat dan meningkatkan penggunaannya. Sahabat penasaran tumbuhan herbal dan manfaatnya?

Intip beberapa informasi yang Dream rangkum dari keterangan tertulis 'Fitofarmaka Bagi Tenaga Kesehatan dan Tenaga Medis'

Untuk Sistem Kardiovaskuler<br>

Untuk Sistem Kardiovaskuler

Kombinasi ekstrak herba seledri dan ekstrak daun kumis kucing dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi tanpa memengaruhi kadar elektrolit, lipid plasma, atau gula darah.

  • Sistem Pencernaan
Fraksi dari ekstrak kulit kayu manis yang membantu meredakan gangguan lambung.

  • Sistem Metabolik
Fraksi dari ekstrak campuran daun bungur dan kulit kayu manis yang dapat digunakan sebagai terapi tambahan untuk diabetes melitus tipe 2.


  • Sistem Imun
Ekstrak herba meniran yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Nutrisi
Kombinasi ekstrak ikan gabus, ekstrak buah jeruk, dan ekstrak rimpang kunyit yang membantu meningkatkan kadar albumin pada kondisi hipoalbuminemia.

Dengan penggunaan fitofarmaka yang bijaksana dan sesuai panduan, kita dapat memanfaatkan kekayaan alam Indonesia untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan kita. Fitofarmaka adalah bukti bahwa pengobatan tradisional dapat menjadi bagian integral dari sistem perawatan kesehatan yang modern.

Artikel ini ditulis oleh
Ferdike Yunuri Nadya

Editor Ferdike Yunuri Nadya

Fitofarmaka atau yang sering disebut obat tradisional, adalah bentuk pengobatan yang telah lama digunakan

Reporter