Pameran Modifikasi IMX 2023 Resmi Dibuka, Ditargetkan Tembus Rp6 Miliar<br>

Pameran Modifikasi IMX 2023 Resmi Dibuka, Ditargetkan Tembus Rp6 Miliar

Dream - Gelaran modifikasi kendaraan OLX Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX 2023) kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada 29 September hingga 1 Oktober 2023.

Mengusung tema “The Future of Creativity”, IMX 2023 diresmikan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Acara ini terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, dari mulai Rp3 Miliar, tahun kemarin sudah menembus angka Rp5 Miliar dan hari ini ditargetkan bisa mencapai Rp6 miliar lebih. Tentunya dengan pertumbuhan ekonomi ini akan muncul motivasi dan kebanggaan bagi kita sendiri".

ujar Bambang Soesatyo, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang turut hadir di acara, Jumat, 29 September 2023.

               

Menurutnya, angka transaksi yang terus mengalami peningkatan telah membuktikan kesuksesan.

Hal ini akan terus dibina supaya  ekosistem otomotif ini mampu menggerakkan ekonomi nasional Indonesia.

Bambang Soesatyo mengatakan, industri otomotif bukan hanya soal kendaraan bermotor seperti mobil.

Namun juga sumber daya manusia, seperti montir, teknisi dan para pembuat aksesoris yang sebagian besar diproduksi oleh anak-anak muda dalam negeri, juga memiliki pengaruh yang sangat besar.

Jajaran mobil modifikasi terbaik NMAA Top 50

Jajaran mobil modifikasi terbaik NMAA Top 50

"Modifikasi ini diharapkan bisa mendorong para penggemar otomotif untuk bisa saling berkreasi dan menghasilkan karya, karena saya mendapat laporan bahwa bodykit hasil buatan lokal 80% berhasil di ekspor ke berbagai negara, seperti china, jepang dan negara lainnya".

ujar Bambang Soesatyo.

               

Ia menambahkan, ke depannya peluang ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan value para anak muda indonesia dan menjadi lapangan pekerjaan yang menjanjikan.

Dukungan Kemenperin

Pada kesempatan yang sama, Kementerian Perindustrian juga mendukung pengembangan industri modifikasi dalam negeri.

Industri modifikasi dinilai mempunyai kemampuan dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam berkembangnya usaha-usaha di bidang otomotif yang berbasis sumber daya lokal, khususnya pada industri komponen otomotif usaha kecil dan menengah.

               

"Kami mengharapkan bahwa acara kali ini bisa menjadi sarana pengembangan industri modifikasi Tanah Air dengan memadukan kreativitas, inovasi, dan keberagaman budaya bangsa Indonesia. Karena Industri otomotif akan menjadi subsektor manufaktur yang diperhatian oleh pemerintah”.

Ujar Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia. 

               

Untuk mendukung upaya tersebut, Kementerian PerindustrianI telah menerbitkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi industri kendaraan modifikasi yang memuat program pelatihan berbasis kompetensi bagi industri modifikasi otomotif.

Moment dinilai sangat tepat untuk meningkatkan dampak positif bagi pelaku industri kreatif.

Artikel ini ditulis oleh
Amina tuzzahro

Editor Amina tuzzahro

This is notes

Reporter