Niat Puasa Weton, Tata Cara, dan Manfaatya yang Perlu Diketahui

Niat Puasa Weton, Tata Cara, dan Manfaatya yang Perlu Diketahui

Merdeka.com merangkum informasi tentang niat puasa weton tata cara, dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui.

Puasa adalah ibadah yang dilakukan dengan cara menahan segala macam nafsu mulai dari munculnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Bagi umat Islam, sudah menjadi kebiasaan jika pada hari lahir melakukan ibadah puasa untuk memperingati sesuai dengan ajaran agama. Nabi juga melakukan hal yang serupa.

Bagi orang Jawa, berpuasa di hari lahir disebut sebagai puasa weton. Puasa tersebut dilakukan dalam rangka untuk bermunajat kepada Allah agar semakin dekat dengan Tuhan dan dimudahkan segala urusan. Berikut ini merdeka.com merangkum informasi tentang niat puasa weton tata cara, dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui.

Niat Puasa Hari Lahir Weton

Niat Puasa Hari Lahir Weton

Puasa hari lahir weton terbagi menjadi 3 jenis antara lain puasa satu hari penuh, puasa ngebleng tiga hari, dan puasa ngebleng tujuh hari yang dilakukan secara berturut-turut. Puasa weton dilakukan pada saat hari kelahiran atau weton, yang disesuaikan dengan penanggalan Jawa.

Adapun bacaan niat puasa hari lahir weton yang biasa diucapkan adalah sebagai berikut:

Niat Ingsun pasa ing dina kelahiran tanpa mangan tanpa ngombe kangge (sebutkan hajat/keinginan) kerono Allah Ta’ala

Artinya: "Aku niat berpuasa pada hari kelahiran untuk mendapatkan (sebutkan hajat) karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Puasa Hari Lahir Weton

Tata Cara Puasa Hari Lahir Weton

Setelah mengetahui bacaan niat puasa hari lahir, berikut ini adalah tata cara puasa weton. Adapun tata cara puasa hari lahir weton dalam adat Kejawen menurut catatan Kitab Jawa adalah sebagai berikut:

1. Melakukan sahur dan berbuka puasa.
2. Puasa dimulai sejak fajar sampai magrib.
3. Apabila muslim, sebelum subuh melakukan salat dua rakaat dan selalu menjaga wudhu sepanjang hari.
4. Jika batal lakukan, wudhu kembali.
5. Selalu bersyukur.
6. Persiapkan tujuh jajanan pasar di waktu berbuka serta bubur merah dan putih untuk buka.
7. Apabila ingin melakukan puasa hari lahir weton untuk pasangan, sebaiknya juga melaksanakan mandi jinabat (keramas) disertai niat yang baik serta meminta keridaan dan kekuatan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Manfaat Puasa Hari Lahir Weton

Manfaat Puasa Hari Lahir Weton

Setelah mengetahui bacaan niat puasa hari lahir dan tata caranya, Anda juga bisa memahami manfaat dari puasa weton. Adapun beberapa manfaat utama puasa hari lahir weton adalah sebagai berikut:

1. Tingkatkan Kepekaan Batin

Bagi orang-orang yang melakukan puasa weton secara rutin dan melakukan hal tersebut dengan tata cara yang baik dan benar dipercaya dapat menajamkan kepekaan spiritual atau mata batinnya.

2. Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Seperti halnya puasa Ramadhan, puasa Senin-Kamis atau puasa 10 Muharram, puasa weton atau puasa kelahiran juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Hal ini karena durasi beberapa jenis puasa tersebut adalah sama, yakni dimulai dari sahur dan diakhiri dengan berbuka.

3. Perkuat Mental

Melakukan puasa weton juga dipercaya dapat membuat mental menjadi lebih kuat. Dengan melakukan puasa weton, orang-orang tidak hanya harus menahan nafsu tetapi juga emosi. Puasa juga membuat orang-orang harus senantiasa bersyukur atas apa yang dimiliki. Hal ini pada akhirnya dapat membuat pikiran menjadi lebih jernih dan mental menjadi lebih kuat.

4. Menjauhkan Diri dari Kesialan

Puasa weton juga dapat menjauhkan diri dari hal-hal yang membawa sial. Bagi orang-orang yang merasa kerap mendapat kesialan karena lahir pada weton yang neptu-nya kurang baik, mereka dapat mencoba melakukan puasa kelahiran untuk menjaga dirinya.

5. Kabulkan Doa dan Harapan

Puasa kelahiran atau puasa weton juga dapat mengabulkan doa-doa dan harapan-harapan. Jika puasa weton dilakukan dengan tata cara yang benar dan niat yang tulus, niscaya dapat membuat keinginan dan doa tercapai.

6. Menjadikan Diri Penuh Kasih Sayang

Puasa weton juga bermanfaat bagi orang-orang di sekitar termasuk pasangan. Puasa ini dapat memberikan cahaya baik yang mencerahkan wajah dan sikap. Selain itu, puasa weton juga dapat menjadikan diri penuh kasih sayang dan perhatian.

7. Permudah Urusan Anak

Puasa weton yang dijalankan oleh para orang tua juga dapat bermanfaat bagi anak-anaknya. Amalan ini dapat menjauhkan anak dari kesialan, membuat anak bersikap lebih baik, dan mempermudah segala urusan mereka.

Artikel ini ditulis oleh
Muhamammad Farih Fanani

Editor Muhamammad Farih Fanani

informasi tentang niat puasa weton tata cara, dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui.

Topik Terkait

Reporter