Kisah Tirto Utomo Bangun Aqua yang Awalnya Cuma Dijual Rp75 Perak/Botol

Kisah Tirto Utomo Bangun Aqua yang Awalnya Cuma Dijual Rp75 Perak/Botol

Aqua menjadi pelopor perusahaan AMDK pertama di Indonesia

Dream - Merek air mineral 'Aqua' mempunyai sejarah yang panjang di sejarah bisnis Indonesia. Aqua lahir pada tahun 70-an, saat minuman botol masih menjadi hal asing bagi masyarakat.

Aqua hadir saat banyak orang lebih familiar air minum yang dimasak dibandingkan botol berisi air steril.

Kehadiran Aqua tak lepas dari sosok Tirto Utomo. Melansir Wikipedia, awal mula adanya Aqua adalah dari pengalaman Tirto yang kala itu menjadi pegawai Pertamina.

Saat bekerja di BUMN migas tersebut, air yang disajikan kepada pada tamunya merupakan air kran. Pengalaman ini membawa Tirto menyadari pentingnya membuat air minum yang higienis.

Tirto mulai mempelajari cara memproses air menjadi air minum siap konsumsi.

Usahanya adalah dengan meminta adiknya, Slamet Utomo untuk bekerja magang di sebuah pabrik Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) "Polaris" di Thailand, yang saat itu telah berproduksi selama lebih dari 15 tahun lamanya.

Melansir dari situs Aqua, Tirto kemudian mendirikan perusahaan bernama PT Golden Mississippi pada 23 Februari 1973 yang memproduksi air minum Aqua.

Pabriknya sendiri kemudian didirikan di Pondok Ungu, Bekasi, yang pelopor perusahaan AMDK di Indonesia.

Produksi pertama AQUA diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca berukuran 950 ml dari pabrik di Bekasi. Harganya Rp75 per botol.

Pabrik aqua kedua didirikan di Pandaan, Jawa Timur, dengan tujuan mendekatkan diri pada konsumen di wilayah tersebut.

Kemudian pada tahun 1998, terjadi aliansi strategis antara PT Tirta Investama dengan perusahaan Prancis, Danone, melalui Danone Asia Holding Pte.Ltd sebagai minority shareholder.

Selanjutnya PT Tirta Investama, PT Aqua Golden Mississippi dan PT Tirta Sibayakindo sepakat untuk bersinergi sebagai Grup Aqua

Di tahun 2000, Aqua mulai mencantumkan logo Danone pada seluruh produk.

Pada 2001, Danone meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama, seingga Danone menjadi pemegang saham mayoritas Grup Aqua.

Sejak saat itu, Aqua terus berinovasi dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan peduli lingkungan dan penyediaan air bersih di wilayah-wilayah yang sulit air.

Artikel ini ditulis oleh
Okti Nur Alifia

Editor Okti Nur Alifia

Aqua kini menjadi salah satu air minum kemasan terbesar di Indonesia.

Topik Terkait

Reporter