Sosok Putri Handayani, Wanita Asal Serdang Bedagai yang Sudah Taklukan Gunung di Dunia

Sosok Putri Handayani, Wanita Asal Serdang Bedagai yang Sudah Taklukan Gunung di Dunia

Putri Handayani memiliki hobi mendaki gunung.

Profil Singkat Putri Handayani

Profil Singkat Putri Handayani

Putri Handayani merupakan wanita kelahiran Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatra Utara. Ia sudah dekat dengan dunia mendaki sejak ia berusia 13 tahun atau pada saat menempuh pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Di umurnya yang masih cukup belia, Putri sudah dekat sekali dengan alam. Biasanya, waktu senggang Putri digunakan untuk bermain bersama teman-temannya di sawah, sungai, dan bahkan mendaki gunung.

Bergabung Pramuka

Mengutip dari beberapa sumber, Putri mulai mendalami dunia mendaki sejak ia bergabung Pramuka di sekolahnya. Bahkan, Putri mengaku senang dan merasa memiliki kepuasan tersendiri saat dekat dengan alam.

Saat mengikuti kegiatan Pramuka, Putri mendaki Gunung Sibayak yang terletak di Kabupaten Karo untuk pertama kalinya. Momen itu membuat Putri semakin tertarik untuk terus aktif mengeksplor dan mendaki gunung-gunung yang ada di Indonesia bahkan dunia.

Taklukan Gunung di Dunia

Mengutip Liputan6.com, Putri terbukti sudah menaklukkan beberapa gunung besar yang ada di dunia. Gunung di luar negeri yang pertama ia taklukkan adalah Gunung Fuji di Jepang. Tingkat ketinggian yang mirip Gunung Rinjani itu sudah ia taklukan pada tahun 2015.

Tak hanya itu, Putri juga sudah menaklukkan beberapa gunung lain seperti Gunung Denali, Gunung Himalaya, Gunung Snowdon, dan masih banyak lagi.

Wanita lulusan Universitas Indonesia Fakultas Teknik Sipil ini juga tak pelit berbagi ilmu dan pengalamannya selama mendaki kepada orang lain.

Menurutnya, setiap orang yang hendak mendaki gunung tidak boleh asal-asalan dan tidak boleh sembarangan.

Menjalani Ekspedisi

Saat ini, Putri yang bekerja di perusahaan gas di Qatar dan sempat bekerja di wilayah lepas laut itu sedang menjalani ekspedisi pendakian sejumlah gunung tertinggi di dunia yang bertajuk The Explorer's Grand Slam.

Dalam ekspedisi tersebut, Putri akan menyelesaikan tujuh puncak gunung tertinggi di tujuh benua serta kutub utara dan kutub selatan.

Ekspedisi tersebut sudah ia lakukan sejak 2016. Sampai tahun ini, ia sudah menyelesaikan lima puncak gunung tertinggi di dunia.

Gunung-gunung tersebut di antaranya Kilimanjaro di Tanzania, puncak tertinggi di Afrika. Carstensz Pyramid di Papua, Indonesia, yang tertinggi di Benua Australia dan Oceania. Elbrus di Rusia, yang tertinggi di Benua Eropa. Gunung Aconcagua di Argentina, yang tertinggi di Amerika Selatan, dan Denali, gunung di Alaska, tertinggi di Amerika Utara.

Artikel ini ditulis oleh
Adrian Juliano

Editor Adrian Juliano

This is notes

Reporter